1. Membuat Template Sendiri

Ditulis oleh: -
Oke, dengan janji saya di artikel sebelumnya saya akan memberikan tutorial cara membuat template sendiri. Pada bagian pertama ini saya akan hanya membahas cara membuat template saja.

Untuk itu anda hanya perlu membuat template dasarnya saja. Caranya yaitu anda buat blog baru, kemudian pada template hapus semua dan gantikan semua source dengan ini


JANGAN KELUAR DARI EDITOR TEMPLATE BLOG. Setelah itu simpan template, kemudian anda akan melihat hasilnya akan seperti blog paling dasar tanpa ada post snippet dan css yang lengkap disana.

Setelah itu, anda harus membuat post snippet di halaman awalnya, agar memudahkan anda saya berikan source widget posting yang sudah VALID HTML 5 (dari Kang Kapuk), Post Snippet dan Beberapa tambahan dari saya.

Caranya yaitu, cari kode berikut
<b:widget id='Blog1' locked='true' title='Posting Blog' type='Blog'></b:widget>
Kemudian ganti dengan kode di atas dengan kode berikut yang saya ambil dari Kang Kapuk


Setelah itu, silahkan cek di validator.w3.org hasilnya pasti [VALID]

Setelah itu kita harus membuat wrapper paling luarnya, kita akan buat ukuran 1020px dan di tengah - tengah (margin:0 auto;) caranya yaitu

1. Buat lah CSS di atas */ ]]></b:skin>
#wrapper-utama{
width:1020px;
overflow:hidden;
margin:0 auto;
}
2. Pasang di atas widget post
Cari kode <body>
Kemudian buat HTML di bawahnya
<div id='wrapper-utama'>
 Cari kode </body>
Kemudian buat tag penutup di atasnya
</div>
Sampai situ saja penjelasannya, silahkan dicek hasilnya dan silahkan ke artikel selanjutnya untuk membuat header


10komentar:

  1. ane dapet premium :v
    ga berbakat gan ane bikin template

    ReplyDelete
  2. masih bingung nih sob utk bkin tmplate sndiri..
    baru bisa edit sana sini doank z udah bangga x wkwkwk
    -keep blogging-

    ReplyDelete
  3. Wah jadi mudah cara bikin template sendiri, karena dijelaskan secara jelas, makasih buat tutorialnya sob :)

    ReplyDelete
  4. Mau Coba Nih Gan , Siapa Tau Aja Bisa :-D

    ReplyDelete
  5. cara lebih gampang pake firebug gan..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara yang paling gampang itu.. bkin dan buat sendiri gan.... isinya pun terserah kita... ya seperti kata postingan ini..

      Delete
  6. ini berarti bener-bener buat template dari paling dasar :D

    ReplyDelete
  7. mas,kalo dari file dasar.txt saya kembangkan, edit, menjadi template yang kompleks,,,apa bisa sy klaim template itu sbgai hak cipta sy..??

    ReplyDelete